PRODUKSI MINUMAN HERBAL BERKHASIAT

girisuko 08 Juli 2019 10:58:52 WIB

Temuireng II – Kelompok Suko Dadi, kelompok wanita tani beranggotakan 11 orang perempuan yang keseluruhannya berprofesi sebagai petani berada di Temuireng II, RT 02 RW 08, Girisuko, Panggang, Gunungkidul, terbentuk sejak tahun 2010. Gotong royong dalam mengerjakan lahan pertanin adalah kegiatan utama. Namun seiring berjalannya waktu maka mulai dilakukan arisan, dan berkembang menjadi kelompok olahan makanan dan minuman. Diutamakan adalah olahan makanan dengan bahan local.

"Kami membentuk kelompok ini dengan tujuan agar dapat membantu para suami menambah penghasilan keluarga. Selain bekerja sama dalam mengelola lahan pertanian, kedepannya kami ingin membuat sentra olahan makanan dengan memanfaatkan hasil tanaman looka", ujar Saajinem, Ketua Kelompok Wanita Tani Suko Dadi.

"Kami telah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Desa Girisuko berupa pelatihan dan peralatan, dan itu akan kami manfaatkan semaksimal mungkin sebagai wujud peran serta kami ddalam hal peningkatan ekonomi keluarga", imbuhnya.

Salah satu yang menjadi produk unggulan adalah olahan minuman berbahan dasar empon-empon, tanaman yang banyak dijumpai dipekarangan rumah masing-masing anggota kelompok. Jahe, Kunyit, Temu lawak, Temu ireng, Temu mangga dan lain-lain. Produk ini dijual dengan harga pasaran Rp 15.000,00 untuk 1 kemasan dengan berat 250 gram.

Dipertengahan tahun 2015, telah mendapatkan pelatihan dan bantuan peralatan dari Pemerintah Desa Girisuko. Pangsa pasar saat ini adalah diwarung-warung di lingkungan sekitar desa, juga melayani pesanan.

Produk dijamin halal dan berbahan alami tanpa campuran bahan kimia.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

APBDesa Girisuko

Open Data for Gender

Open Data APBD

Lokasi Girisuko

tampilkan dalam peta lebih besar